WHAT'S NEW?
Loading...

Ternyata Begini Fungsi Expansion Valve di AC Mobil

Fungsi Expansion Valve di AC Mobil

Apa itu Expansion / Expansi AC Mobil ?

Expansion Valve atau Katub Expansi merupakan alat yang berfungsi mengatur jumlah freon yang masuk ke evaporator dan juga menurunkan tekanan dan suhu dari freon yang akan menuju ke evaporator. Pengaturan ini dilakukan oleh katub expansi yang terbuka atau tertutup yang diatur oleh thermostat (sensing bulb).
.
Cara kerjanya adalah saat suhu kabin tinggi (panas), maka katub expansi akan terbuka lebar, sehingga aliran freon lebih banyak digunakan untuk mendinginkan suhu kabin yang tinggi. Sebaliknya saat suhu dalam kabih rendah (dingin), katub expansi akan terbuka sedikit, sehingga aliran freon lebih sedikit.

Artinya banyaknya aliran freon pada evaporator disesuaikan dengan beban panas pada ruang kabin atau lebih tepatnya pada evaporator.

Seiring waktu, katup ekspansi mengalami penurunan fungsi. Ketika memasuki masanya, katup ekspansi tidak bisa diperbaiki, melainkan harus diganti. Hal ini karena di dalamnya pastinya sudah terjadi keausan dan spring-nya sudah lemah. Adapun waktu penggantiannya setiap 2 tahun atau 40 ribu kilometer. Masa penggantian bisa lebih pendek dari yang direkomendasikan, tergantung dari berat tidaknya pemakaian sehari-hari.

Indikasi expansi yang sudah harus diganti adalah lamanya pendinginan kabin. Pendinginan kabin akan terasa lama walaupun sudah diatur untuk suhu yang paling dingin.

Untuk mengatasi hal ini, kami sarankan Anda untuk melakukan penggantian. Kami menyediakan Expansion Valve untuk Anda.
✔ Dengan Harga Yang Murah
✔ Merek Yang Resmi
✔ Jaminan Berkualitas
✔ Bergaransi

Segera Hubungi Kami :
Telp / WhatsApp : +62.857.1959.3442

Market Place Kami :
Shopee : centralsejukjaya
Tokopedia : centralsejukjaya
Bukalapak : centralsejukjaya

Ikuti Kami :
Facebook : Central AC Mobil
Twitter : @CentralACMobil
Youtube : Central AC Mobil
Instagram : CentralACMobil_Official

0 komentar:

Posting Komentar